• gambar
  • gambar

Selamat Datang di Website SMA MA'ARIF NU KARANGANYAR | Terima Kasih Kunjungannya.

Pencarian

Kontak Kami


SMA MA'ARIF NU KARANGANYAR

NPSN : 20303250

Jl.Raya Karanganyar No.11, Purbalingga


smamaarifnukaranganyar.pbg@gmail.com

TLP : (0281) 758598


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 5126
Pengunjung : 2620
Hari ini : 8
Hits hari ini : 25
Member Online : 0
IP : 3.238.62.144
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

Sejarah Berdirinya SMA Ma




       Letak georafis SMA Ma’arif Karanganyar terletak di pusat pemerintahan Kecamatan Karanganyar tepatnya di Rt. 01 Rw.01 Desa Karanganyar Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga Propinsi Jawa Tengah Indonesia.

      Peran serta masyarakat dalam menyelenggarakan pendidikan telah berlangsung sejak lama, bahkan sudah ada jauh sebelum Indonesia merdeka. Pada zaman kebangkitan dan perjuangan nasional, sekolah-sekolah tempat pendidikan swasta telah menjadi pusat pergerakan bangsa Indonesia. Pembukaan sekolah swasta pada waktu itu dilandasi oleh cita-cita luhur yang menjadi cirri khas, baik yang bersifat agama, budaya maupun cita-cita social politik yang bersifat gerakan kebangsaan untuk menuju pada bangsa dan Negara merdeka.

            Di pandang dari segi kewajiban, mendidik adalah tanggung jawab orang tua (wali). Dengan mendirikan sekolah akan sangat membantu  peran orang tua dalam mendidik anaknya. Begitu juga bagi pihak sekolah dengan adanya orang tua yang mempercayakan putranya pada suatu sekolah ( SMA Ma’arif ) maka pihak sekolah telah merasa mendapatkan suatu amanat yang diembannya, tentu saja amanat tersebut harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh.

            SMA Ma’arif Karanganyar berdiri atas cita-cita luhur para pejuang pendidikan di Kecamatan Karanganyar. Tokoh-tokoh NU maindete pada zaman itu gigih mendirikan lembaga pendidikan yang diawali dari Pendidikan Guru Agama (PGA) NU yang bertempat dimasjid Jami’ Karanganyar. Kemudian atas jasa para pejuang pada saat itu seperti Bp. KH. Ach. Tubaji (Alm) dan KH. Jamaludin (Alm) berusaha untuk mendapatkan sebidang tanah milik Al Mukarom KH. Hisyam Abdul Karim (Alm) akhirnya berdirilah suatu madrasah bernama MTs AIN (Madrasah Tsanawiyah Negeri) pada tahun 1969. Atas kegigihan, kelincahan dan ketakziman terhadap NU-lah tanah yang ditempati oleh sebuah sekolah negeri ini tetap dipertahankan. Untuk mengatasi hal tersebut pejuang tangguh Bp. KH. Ach Tubaji selaku Kepala Madrasah yang dimaksud berupaya mencari tanah agar tanah NU ini dapat diselamatkan dan tetap menjadi milik NU Ila Yaumil Qiyamah.

            Selanjutnya lembaga negeri tersebut berganti nama menjadi MTs Negeri. Sejak tahun 1982 lembaga negeri ini pindah  dari tanah milik NU Karanganyar ke tanah yangtelah beliau usahakan. Dengan demikian tanah ini praktis kembali ke NU. Rupanya para pejuang pendidikan NU tetap berupaya agar tanah ini tetap sebagai tempat lembaga pendidikan formal. Maka atas dukungan sesepuh NU Karanganyar didirikanlah di tanah ini sebuah sekolah yang bernama Madrasah Aliyah Hasyim Asy’ari (MAHA) pada tahun 1983-1989 dengan pengelola KH. Yusuf Maulana, BA. (putra menantu Bapak KH. Achmad Tubaji). Pada tanggal 15 Januari 1989 LP. Ma’arif Purbalingga mengajukan surat permohonan ijin (Persetujuan Pendirian Sekolah Swasta) bernomor : 03/LP Mrf/I/1989 untuk berganti nama menjadi SMA Ma’arif Karanganyar. Pada tanggal 22 April 1989 Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Tengah menyetujui permohonan tersebut dengan surat persetujuan pendirian / penyelenggaran sekolah swasta bernomor : 742/103/I/1989. Akhirnya Madrasah Aliyah Hasyim Asy’ari (MAHA) berganti nama SMA Ma’arif Karanganyar sampai sekarang. Numun pada pertengahan perjalanan pendidikan peraturan Mentri Pendidikan Republik Indonesia tentang perubahan nama SMA menjadi SMU dan di tahun 2004 Kembali terjadi perubahan dari SMU menjadi SMA dengan sampai sekarang. Dan Terakreditasi B dengan nilai 84 berdasarkan surat keputusan Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-SM) Nomor 147/BAP-SM/X/2015 tanggal 20 Oktober 2015.

Atas kehendak beliaulah lembaga ini harus terus maju sesuai dengan arus kemajuan zaman. Sistematika pengelolaan semakin ditingkatkan arah dan tujuan semakin jelas, yang diantaranya adalah menciptakan kader-kader NU yang uptodate, sarana dan prasaranapun semakin diseimbangkan seperti perluasan tanah/gedung dan lain-lain.

Luas tanah 4.851 m2 dengan rincian luas tahan terbangun 3.100 m2 meliputi 10 ruang kelas, 1 ruang kepala sekolah, 1 ruang guru, 1 ruang tata usaha, 1 laboratorium IPA, 1 Laboratorium Komputer biasa, 1 ruang Mushola, ruang praktek dan lain-lain




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :


 

Komentar :


   Kembali ke Atas